Jumat, 29 Juli 2016

Cara Mengatasi Susah Tidur (Insomnia) Tanpa Obat

Tags

Cara Mengatasi Susah Tidur (Insomnia) Tanpa Obat
Cara Mengatasi Susah Tidur (Insomnia) Tanpa Obat
Glhealth - Kali ini kita akan membahas tentang Cara Mengatasi Susah Tidur (Insomnia) Tanpa Obat. Apakah anda mengalami susah tidur atau yang sering dikenal dengan insomnia ? dan bagaimanakah cara mengatasi susah tidur (insomnia) ?. Nah, pertanyaan - pertanyaan tersebut sering sekali kita dengar dari si penderita yang mengalami susah tidur atau insomnia.

Apa itu insomnia?

Susah tidur (Insomnia) adalah gangguan tidur yang membuat seseorang mengalami susah tidur meskipun memiliki banyak waktu untuk tidur. Penderita insomnia cenderung mempunyai banyak masalah yang mengikuti, seperti gara - gara kurang tidur akan mempengaruhi aktifitas kita di keesokan hari.

Apa faktor penyebab Insomnia?

Banyak faktor penyebab seseorang terserang susah tidur (insomnia). Salah satunya ialah gaya hidup dan tingkat kenyamanan ruang tidur bisa menjadi faktor utama mengalami insomnia. untuk mengetahui penyebab susah tidur atau insomnia anda bisa baca disini: 7 penyebab Susah Tidur (Insomnia)

Kebanyakan orang di dunia maupun negeri kita sendiri lebih memilih mengatasi susah tidur (insomnia) dengan cara cepat dan mudah. Ya, itu adalah dengan meminum obat agar kita bisa tidur. Padahal, jika kita meminum obat terlalu sering akan membahayakan kesehatan. Apalagi kalau Penderita susah tidur. Bayangkan saja setiap ingin tidur harus mengkonsumsi obat terlebih dahulu.

Oke, saya anggap anda telah mengetahui apa itu insomnia dan penyebab yang menjadi faktor mengalami insomnia. Di sini akan dijelaskan tentang cara mengatasi susah tidur atau insomnia tanpa obat. berikut ini tips nya.

Cara Mengatasi Susah Tidur (Insomnia)

  • Relaksasi


  • Cara Mengatasi Susah Tidur (insomnia) dengan Relaksasi
    Cara Mengatasi Susah Tidur dengan Relaksasi
    Ketika sedang mengalami susah tidur atau insomnia jangan pernah melakukan gerakan - gerakan yang tidak ada gunanya yang sebenarnya hanya menambah beban stress pada tubuh. lakukanlah gerakan yang dapat membuat hati dan pikiran menjadi tenang. gerakan yang bisa anda lakukan adalah dengan yoga. Yoga adalah olah tubuh yang mengandalkan teknik pernapasan akan membawa pengaruh baik pada suasana hati, detak jantung, dan dapat mengurangi ketegangan otot.

    Jika anda belum pernah melakukan yoga atau kesulitan dalam melakukannya, anda dapat memilih alternatif lain seperti membaca buku, mendengarkan musik yang ringan dan juga bisa menggunakan alat aromaterapi.

  • Hindari Perasaan Bersalah

  • Cara Mengatasi Susah Tidur (insomnia) dengan Hindari Perasaan Bersalah
    Cara Mengatasi Susah Tidur dengan Hindari Perasaan Bersalah
    Penyebab anda tidak bisa tidur adalah memikirkan rasa bersalah. Perasaan bersalah adalah pemicu susah tidur, karena jika kita terus memikirkan rasa bersalah terhadap sesuatu maka kecemasan akan muncul dan akan berujung dengan stress. Stress adalah salah satu penyebab susah tidur atau insomnia.

    Alangkah lebih baik jika anda tidak perlu memikirkan rasa bersalah anda, karena akan berdampak buruk bagi kesehatan anda sendiri.

  • Hindari Makanan Karbohidrat Tinggi Sebelum Tidur

  • Cara Mengatasi Susah Tidur dengan Hindari Makanan Karbohidrat Tinggi Sebelum Tidur
     Makanan Karbohidrat Tinggi Sebelum Tidur
    Jangan makan  makanan tinggi karbohidrat karena saat menjelang tidur sistem pencernaan akan terbebani. Apalagi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, selain membuat sistem pencernaan menjadi sulit beristirahat, tubuh juga akan merasa lapar ketika Anda bangun karena glukosa darah yang disebarkan oleh hormon insulin akibat karbohidrat yang anda konsumsi di malam hari menjadi berkurang.

  • Hindari Alkohol

  • Cara Mengatasi Susah Tidur dengan Hindari Alkohol
    Cara Mengatasi Susah Tidur dengan Hindari Alkohol
    Minuman yang mengandung alkohol  juga akan membuat anda susah tidur. Hindari minuman minuman beralkohol  pada sore hari bila anda tidak ingin terserang insomnia di malam harinya.

  • Olahraga

  • Cara mengatasi Susah Tidur dengan Olahraga
    Cara mengatasi Susah Tidur dengan Olahraga
    Seorang pria mengaku kalau dirinya mengalami kesulitan tidur malam setelah satu jam bermain badminton. Setelah diketahui penyebabnya, ternyata olahraga malam dapat meningkatkan suhu dan adrenalin tubuh yang membuat mata sulit mengantuk.

    Pengalaman tersebut belum tentu berlaku untuk semua orang.  Robert Rosenberg, seorang pakar tidur mengatakan, suhu tubuh setelah berolahraga memang meningkat dan membuat orang sulit tidur. Tapi penurunan suhu juga terjadi dengan cepat sehingga akan mengundang rasa kantuk lebih cepat. 

    Jadi kesimpulannya ialah tetap berolahraga. Karena tidak ada efek buruk jika kita berolahraga asalkan jangan berlebihan. Ada baiknya tidak berolahraga lebih dari satu jam pada malam hari, dan jangan berolahraga ketika tubuh sedang lelah.

    Demikian ulasan tentang Cara Mengatasi Susah Tidur (Insomnia) Tanpa Obat. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat bagi anda. Jadi untuk mengatasi susah tidur (insomnia) itu bisa dilakukan tanpa obat dan untuk melakukan tips tersebut tidaklah susah, karena cara - cara tersebut adalah bagian dari aktifitas kita sehari - hari asalkan anda benar - benar niat untuk menerapkannya kemudian lihat hasil yang anda rasakan.

    Jika informasi ini bermanfaat mohon untuk like dan share artikel ini dan jangan lupa untuk meninggalkan komentar.

    3 komentar

    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    trimakasih buat infonya mas sangat membantu

    terimakasih atas informasinya dan jangan lupa kunjungi kami di www.rahma-store.com


    EmoticonEmoticon