Kamis, 04 Agustus 2016

Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Yang Mematikan

Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Yang Mematikan
Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Yang Mematikan
Glhealth - Kali ini akan membagikan informasi tentang Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Yang Mematikan. Sebagian besar penduduk indonesia mengkonsumsi rokok. Lebih dari 80% kasus kematian di Indonesia disebabkan karena merokok. Apakah pernah terpikir oleh kita bagaimana bahaya merokok bagi kesehatan tubuh. Kebanyakan orang memillih untuk tidak ingin mendengar informasi akan bayaha merokok itu sendiri.

Kenapa Merokok Berbahaya?

Banyak bahaya yang di timbulkan oleh rokok. Dalam satu batang rokok mengandung sekitar 4300 zat kimia yang berbahaya. Diantaranya ada 200 jenis zat yang bersifat karsinogenik, yaitu zat yang merusak gen dalam tubuh sehingga memicu terjadinya kanker, seperti kanker paru, emfisema, dan bronkitis kronik. Dan juga kanker lain, seperti kanker nasofarings, mulut, esofagus, pankreas, ginjal, kandung kemih, dan rahim. Aterosklerosis atau pangerasan pembuluh darah bisa menyebabkan penyakit jantung, hipertensi, risiko stroke, menopause dini, osteoporosis, kemandulan, dan impotensi. Racun rokok terbesar dihasilkan oleh asap rokok yang mengepul dari ujung rokok yang sedang tak dihisap. Sebab asap yang dihasilkan berasal dari pembakaran tembakau yang tidak sempurna. Asap rokok mengandung zat berbahaya seperti benzen, nikotin, nitrosamin, senyawa amin, aromatik, naftalen, ammonia, oksidan sianida, karbon monoksida benzapirin, dan lain-lain. Partikel ini akan mengendap di saluran napas dan sangat berbahaya bagi tubuh. Endapan asap rokok juga mudah melekat di benda- benda di ruangan dan bisa bertahan sampai lebih dari 3 tahun, dengan tetap berbahaya.

Bahaya Merokok Bagi Perokok Pasif

Kenapa perokok pasif lebih berbahaya dari perokok aktif? Anggapan itu benar, dan bahkan perokok pasif akan menerima 3 kali lipat bahaya dari pada perokok aktif. Itu dikarenakan oleh Konsentrasi zat berbahaya di dalam tubuh perokok pasif lebih besar karena racun yang terhisap melalui asap rokok perokok aktif tidak terfilter. Sedangkan racun rokok dalam tubuh perokok aktif terfilter melalui ujung rokok yang dihisap. Namun konsentrasi racun perokok aktif bisa meningkat jika perokok aktif kembali menghirup asap rokok yang ia hembuskan. “Namun karena perokok aktif sekaligus menjadi perokok pasif maka dengan sendirinya risiko perokok aktif jauh lebih besar daripada perokok pasif.

Bahaya Merokok Bagi Wanita

Wanita lebih memiliki tingkat resiko bahaya yang tinggi dari pada pria. Karena wanita memiliki berat badan dan saluran darah yang lebih kecil dari pada pria. Bahaya dari wanita perokok yaitu dapat merusak kulit, mengganggu sistem reproduksi, menurunkan tingkat kesuburan, meningkatkan risiko terkena kanker payudara, rahim, dan kanker paru-paru, menganggu pertumbuhan janin dalam rahim, menganggu kelancaran ASI, keguguran, hingga kematian janin apabila sedang mengalami kehamilan.

Bahaya Lain Bagi Kesehatan

  • Merokok dapat menyebabkan penyakit diabetes militus karena lebih sulit untuk mengontrol kadar gula darah.
  • Meningkatkan resiko terkena penyakit katarak.
  • Dapat terkena penyakit stroke yang sangat mematikan.
  • Menimbulkan warna coklat pada gigi dan kuku karena kandungan tar dalam rokok.
  • Menyebabkan perokok memiliki penyakit leukemia, karena rokok mengandung zat benzene yang digunakan untuk memproduksi zat kimia lain.
Demikian ulasan tentang Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Yang Mematikan. Jadi mulailah berpikir untuk berhenti merokok. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk berhenti merokok. Apa bedanya rokok dan Narkoba, hanya saja rokok memiliki legalitas untuk diperjual-belikan. Efek yang ditimbulkan dari kedua hal itu adalah sama yaitu membahayakan bagi kesehatan tubuh kita.


EmoticonEmoticon