Minggu, 07 Agustus 2016

Penyebab Serangan Jantung Secara Mendadak

Penyebab Serangan Jantung Secara Mendadak
Penyebab Serangan Jantung Secara Mendadak
Glhealth - Kali ini membahas Penyebab Serangan Jantung Secara Mendadak. Secara umum penyakit jantung adalah sebuah kondisi pada jantung yang tidak dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. Ketika memiliki penyakit jantung, hal utama yang harus di waspadai adalah serangan jantung, kondisi dimana pasokan darah yang menuju ke jantung terhambat. Serangan jantung tidak hanya terjadi pada orang yang sudah tua, melainkan juga pada usia muda. Jadi lebih baik kita mengetahui penyebab serangan jantung usia muda.

Serangan jantung tidak mengenal waktu, itu bisa menghampiri anda kapanpun dan dimanapun. Jadi jika anda memiliki penyakit jantung, harap selalu waspada dan jangan lupa untuk mengecek kesehatan jantung anda secara berkala.

Gejala Serangan Jantung Secara Umum

Sebelum anda mengalami serangan jantung ada baiknya juga untuk mengetahui gejala serangan jantung. Ada beberapa gejala yang bisa anda rasakan sebagai berikut :

1. Sesak Napas

Ketika anda mengalami sesak saat bernapas, mungkin itu adalah gejala anda akan mengalami serangan jantung.

2. Terasa Sakit di Bagian Dada

Rasa sakit pada bagian dada ini biasanya sangat parah, tapi ada beberapa orang yang hanya merasakan sakit ringan. Kadang-kadang kasus pada wanita, orang tua, dan penderita penyakit diabetes tidak merasakan sakit sama sekali.

3. Batuk

Ketika anda mengalami batuk yang berkepanjangan (batuk yang berdurasi lama), maka ada kemungkinan anda akan mendapati serangan jantung.

4. Mual

Terasa mual yang hebat, dikarenakan oleh gangguan pada pencernaan.

5. Berkeringat

Pada beberapa kasus, sebelum terjadi serangan jantung si penderita memiliki keringat yang berlebihan dari biasanya. Jadi berkeringat juga adalah gejala serangan jantung.
Ada beberapa macam serangan jantung yang bisa dialami, namun kondisi utama yang sering terjadi adalah serangan jantung koroner. kondisi di mana pembuluh koroner tersumbat oleh penumpukan kolesterol atau plak. Plak akan mengalami keretakan. Dan hasilnya, terjadi penggumpalan darah pada plak yang retak itu. Aliran darah yang melewati pembuluh koroner yang menuju jantung akan terhalang oleh penggumpalan ini dan akhirnya menyebabkan serangan jantung.

Selain serangan jantung koroner, ada beberapa faktor penyebab serangan jantung. Berikut penyebab lain terjadinya serangan jantung.

Penyebab Serangan Jantung

1. Penyalahgunaan Obat

Disini adalah penyebab terjadinya serangan jantung yang dikarenakan oleh obat-obatan. Seperti kokain, shabu, dan ekstasi. Obat-obatan tersebut yang menyebabkan penyempitan pembuluh koroner, aliran darah terhambat dan juga menjadi pemicu serangan jantung. Serangan jantung pada usia muda juga disebabkan oleh penggunaan kokain.

2. Aneurisma

Penyebab serangan jantung selanjutnya adalah aneurisma. kondisi dimana dinding pembuluh darah melemah. Dinding pembuluh darah yang melemah tidak akan bisa menahan tekanan dari darah yang mengalir yang melewatinya. Dan akibatnya, pembuluh darah akan mengalami keretakan. Jika aneurisma terjadi di sekitar pembuluh koroner, maka aliran darah akan berhenti dan serangan jantung akan dialami.

3. Hipoksa

Hipoksa sendiri adalah kondisi dimana darah kekurangan pasokan dari oksigen. Kadar oksigen dalam darah menurun karena keracunan zat karbonmonoksida atau fungsi paru-paru yang rusak. Hasilnya, darah yang mengalir di dalam tubuh tidak mengandung oksigen dan akhirnya memicu terjadinya serangan jantung.

4. Memiliki Penyakit Diabetes

Orang yang memiliki penyakit diabetes bisa mengalami serangan jantung. Karen kadar gula dalam darah sangat tinggi, dan hal ini memicu serangan jantung. Jadi untuk penderita diabetes harap lebih menjaga pola makan karena bisa mengalami komplikasi.

5. Pola Hidup Tidak Sehat

Terakhir, memiliki pola hidup yang tidak sehat juga bisa menjadi pemicu serangan jantung. jadi, dengan memiliki pola hidup yang sehat bisa menjauhkan dari penyakit jantung dan lainnya.

Poin-poin diatas merupakan Penyebab Serangan Jantung Secara Mendadak. Semoga dengan mengetahui informasi ini dapat menambah ilmu pengetahuan anda tentang penyebab serangan jantung serta mulai dini jagalah kesehatan karena dengan menjaga kesehatan maka anda juga menyayangi diri anda sendiri. Jangan lupa untuk berkomentar dibawah jika ada yang ingin ditanyakan.


EmoticonEmoticon