Senin, 08 Agustus 2016

Penyebab Utama Haid Yang Tidak Teratur

Penyebab Utama Haid Yang Tidak Teratur
Penyebab Utama Haid Yang Tidak Teratur
Glhealth - akan memberikan informasi Penyebab Utama Haid Yang Tidak Teratur. Haid tidak teratur kerap dialami sebagian besar wanita. Selain karena kehamilan, Penyebab utama telatnya menstruasi juga bisa bermacam-macam. Ada yang hanya merupakan gangguan hormon ringan dan ada juga yang harus diwaspadai karena merupakan pertanda adanya penyakit serius.

Menstruasi yang tidak lancar atau tidak teratur terkadang terjadi ketika masih berada di tahun-tahun awal menstruasi atau disebut masa pubertas. Selain disebabkan oleh pubertas, menstruasi yang tidak lancar atau tidak teratur juga bisa terjadi pada saat menjelang masa menopause.

Baca Juga : 8 Makanan Pelancar Haid

Namun, kedua hal diatas tidak selalu menjadi penyebab haid yang tidak teratur. Jadi hal ini bisa disebabkan oleh kondisi lain. Berikut ini adalah beberapa hal yang menjadi Penyebab Haid Yang Tidak Teratur:

Penyebab Utama Haid Yang Tidak Teratur


  • Berat Badan Turun Dengan Drastis
  • Berat badan yang turun dengan drastis bisa berakibat pada telatnya menstruasi. Kondisi gangguan pola makan serius seperti anoreksia dan bulimia adalah penyebab utama orang mengalami penurunan berat badan drastis dan terlambat haid.

  • Gangguan Pada Kelenjar Tiroid
  • Kelenjar tiroid yang terdapat pada leher berfungsi untuk mengatur metabolisme dalam tubuh. Kelenjar ini juga berhubungan dengan banyak sistem tubuh yang lain agar berjalan dengan semestinya. Tapi ketika terjadi gangguan pada kelenjar tiroid, baik itu hipotiroid maupun hipertiroid, maka akan berpengaruh juga terhadap kelancaran siklus haid.

  • Hormon Tidak Seimbang
  • Penyebab utama haid tidak lancar adalah hormon yang tidak stabil. Keseimbangan hormon merupakan hasil dari suatu kerjasama antara otak, kandung telur, kelenjar di otak, serta kelenjar tiroid. Bila terjadi gangguan dalam peredaran hormon tersebut maka dapat menyebabkan siklus haid wanita menjadi terganggu.

    Gangguan hormon ini timbul karena beberapa faktor, seperti sering kelelahan, pekerjaan, atau stres. Beban pikiran yang terlalu berat bisa mempengaruhi hormon estrogen dan progesteron sehingga berdampak pada siklus menstruasi.

  • Pil Kontrasepsi
  • Siklus menstruasi juga bisa terganggu karena alat pengontrol kehamilan atau pil kontrasepsi. Ada beberapa jenis pil kontrasepsi dosis rendah bisa menyebabkan haid tidak teratur. Hal itu merupakan efek samping dari mengonsumsi pil kontrasepsi dan tidak terlalu membahayakan.

  • Jamur atau Penyakit
  • Siklus menstruasi yang berantakan bisa juga karena adanya penyakit seperti jamur. Jadi untuk para wanita yang mempunyai siklus menstruasi tidak normal sebaiknya segera konsultasikan ke dokter kandungan.

  • Stress
  • Hypothalamus adalah salah satu bagian dari otak yang sangat terpengaruh oleh keadaan stres. Hypothalamus adalah sebuah tempat bernaung banyak hormon yang mengatur periode haid. Jadi ketika hypothalamus terganggu karena kondisi stres maka produksi hormon pun jadi tak seimbang.

    Jadi diatas adalah Penyebab Haid Yang Tidak Teratur. Semoga informasi ini dapat berguna bagi semua. Jangan lupa memberikan komentar atas artikel ini. Terima Kasih


    EmoticonEmoticon